Kamis, 05 Februari 2015

Penggunaan Hanger and Spring Hanger

Hanger adalah penahan yang digunakan untuk menahan dead weigh, yaitu berat dari si pipa bersama fluidanya. Hanger ini termasuk salah satu jenis support. Pertanyaanya, kenapa digunkan hanger? hanger digunakan manakala supportnya berasal dari atas, berbeda dengan support biasa yang letaknya hanya di bawah, tapi hanger berada di atas. 


spring hanger
Hanger dibedakan menjadi dua bagian, yaitu yang sifatnya rigid alias kaku kita menyebutnya dengan hanger rod, karena dibuat dari rod atau tongkat yang kaku. Satu lagi yaitu dari spring, atau istilah kita per, kita menyebutnya dengan spring hanger.

Hanger rod akan di tempelkan menggantung dari atas structure. Hanger rod sendri dibedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu yang hanya menopang satu pipa dan yang lain menopang beberapa pipa. untuk yang menopang satu pipa, ia sanggup menahan sampai dengan pipa ukuran 24 inc dengan beban mencapai 4800 pon. Atau sekelas 2 ton.
rod hanger

Sedangkan satu jenis lagi dari rod ini, yaitu ia mampu menahan beberapa pipa (multiple line) dengan dua support rod pada kanan dan kirinya. Untuk ukurannya, biasanya panjangnya dari 3 inc sampai dengan 10 inc dengan kemampuan menahan beban sampai dengan 2, 2 ton. Untuk tipe rod hanger dengan multiple line ini kita menyebutnya dengan Trapeze.

Trapeze Rod Hanger
Rod karena sifatnya yang kaku, ia memiliki keterbatasan manakala si pipa itu berekspansi atau bertambah panjang. Untuk itu kita mengunakan spring hanger. Dengan adanya spring ini, maka stress pada rod dapat kita hindari.

Dimana kita menemukan spring hanger ini? biasanya dekat dengan elbow, karena sifat pipa yang bertambah panjang ketika terkena panas, maka pada ujung pipa itulah yang mendapatkan ekspansi paling besar, yaitu yang dekat dengan elbow. Seperti kita lihat pada gambar pertama dari artikel ini, itulah contoh dari spring hanger


http://www.idpipe.com/2014/11/penggunaan-hanger-and-spring-hanger.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar